Selasa, 18 Juni 2013

4 CARA MENINGKATKAN MOTIVASI BERBISNIS

4 Cara Meningkatkan Motivasi BerbisnisPerbedaan mendasar antara karyawan dan pengusaha adalah tanggung jawab atas perusahaan tempat mereka bekerja. Mereka bisa saja datang dan pulang dalam waktu yang nyaris bersamaan. Kucuran keringat mungkin pula tidak jauh-jauh amat perbedaannya. Tanggung jawablah perbedaan mendasarnya. Karyawan bertanggung jawab pada pekerjaannya pada bisnis orang lain (pengusaha). Sementara pengusaha bertanggung jawab pada pekerjaan dan bisnisnya sendiri. Maka, sesuatu yang harus ada dalam diri setiap pengusaha atau pebisnis adalah motivasi. Tidak cukup sampai disitu, ianya juga harus meningkatkan dan mengembangkan motivasi tersebut kepada para karyawan mengingat zaman yang juga terus meningkat dan berkembang. Berikut kami paparkan beberapa cara dalam meningkatkan motivasi bisnis Anda;

1. Berpikir Positif
Berpikir positif tidak hanya baik bagi kesehatan pikiran Anda. Hal ini juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Beberapa orang kaya yang makanannya di restoran mewah tapi selalu berpikir negatif justru paling sering dijangkit oleh penyakit berat semisal penyakit jantung, stroke dan tekanan darah tinggi. Sebaliknya, gelandangan yang makannya hanya makanan sisa restoran mewah tadi, tapi selalu berpikir positif justru sehat-sehat saja. Paling buruk penyakitnya hanya panu atau penyakit ringan lainnya. Kami tidak melarang Anda untuk berpikir kritis terhadap segala sesuatu. Tetaplah kritis dengan optimism yang terukur dan tetap berpikir positif. Dengan begitu, pemikiran-pemikiran negatif yang dampaknya juga negative perlahan-perlahan tidak akan mendapat tempat di ruang pikiran Anda.


2. Ciptakan Lingkungan Positif
Tidak ada gunanya berpikir sepositif mungkin jika lingkungan Anda diisi oleh orang-orang yang sering berpikir negatif. Lama-kelamaan Anda akan terbawa untuk berpikir negatif. Menyumbat telingan bukanlah solusi yang tepat. Meninggalkan mereka juga bukan solusi utama. Solusinya adalah menciptakan lingkungan positif. Jika Anda sudah berusaha tapi tidak menuai hasil, kurangi intensitas Anda bersama mereka. Hanya membuang-buang energi, waktu dan daya pikir positif Anda. Dengan bergaul dengan orang-orang yang berpikir positif, pikiran Anda semakin positif. Dan ini penting untuk perkembangan bisnis Anda.

3. Fokus pada Tujuan Utama
Jika Anda menumpangi taksi, apa yang pertama kali Anda katakan pada sopir taksi? Tujuan! Kalau Anda tidak menyebutkan tujuan, Anda mendapat banyak pukulan. Pukulan pertama yakni habisnya waktu dan uang Anda untuk menbayar argo taksi. Anda juga menerima pukulan kedua berupa tidak sampai-sampainya Anda pada tujuan Anda. Menyebutkan tujuan saja tidak menjamin sampai Anda pada tujuan Anda itu, apalagi tidak menyebutkan atau memiliki tujuan sama sekali. Singkirkan penghalang-penghalang yang menghalangi Anda untuk sampai pada tujuan secara cepat dan tepat.

4. Pikirkan dan Lakukan
Memikirkan sesuatu secara matang bukan berarti melakukan pertapaan di dalam goa selama 40 hari. Kelamaan berpikir pasti kelamaan bertindak. Kelamaan bertindak pasti kelamaan mendapatkan hasil. Jangan tunggu sampai basi. Lagipula, jika Anda gagal itu akan menjadi pelajaran. Kegagalan adalah pelajaran berharga yang dapat Anda petik dari hal-hal yang belum berhasil Anda capai. Yang terpenting adalah setelah Anda gagal, pahami kegagalan Anda dan jangan gagal lagi dalam konteks yang sama. Kegagalan terbesar adalah tidak mencoba sesuatu yang statusnya halal dan legal.
Semoga motivasi bisnis Anda meningkat!


Sumber : http://cara.segiempat.com/umum/finansial/4-cara-meningkatkan-motivasi-berbisnis/

0 komentar:

Posting Komentar