Selasa, 18 Juni 2013

CARA SUKSES 5 PEMIMPIN PERUSAHAAN TERBAIK DUNIA


Seperti kata pepatah, “ Tidak ada prajurit yang salah, komandan yang salah. “ Begitupun sebaliknya. Sukses tidaknya sebuah organisasi sangat bertumpu pada daya juang sang pemimpin organisasi tersebut. Banyak perusahaan kelas dunia tumbuh berkembang dengan pesat karena andil pemimpin perusahaan tersebut. Mereka bukan hanya menginspirasi, mereka menjadi ruh dalam perusahaan tersebut. Inilah cara sukses 5 pemimpin perusahaan terbaik dunia :


1. Berpikir Kreatif
Margaret C. Whitman (CEO eBay)
Bahwa pikiran kreatif tidak akan bisa dibendung oleh batas zaman. Kita dapat mematikan seseorang, tapi kita tidak dapat mematikan sebuah ide. Perusahaan yang dipimpinnya adalah eBay. Salah satu perusahaan pelelangan online terbesar di dunia. Dia juga membuktikan bahwa kaum perempuan mampu menjadi pemimpin perusahaan yang sukses.

2. Pandai Beradaptasi
Jong-yong Yun (CEO Samsung Electronic)
Dialah salah satu aktor di balik kesuksesan besar yang diraih Samsung dalam beberapa tahun belakang ini. Katanya, “ kita harus berubah dan beradaptasi secara konstan terhadap lingkungan yang baru. “ Untuk maju dan berkembang, kita harus mampu mengikuti perkembangan itu sendiri. Karena apa yang baik hari ini, bisa jadi tinggal kenangan di esok hari. Berlarilah, hingga kebosanan, bosan mengejarmu.

3. Optimisme yang Terukur
Eric Schmidt (CEO Google)
Persaingan bisnis di bidang informasi teknologi menuntut kita untuk berpikir tangkas, mobile dan fleksibel. Dalam hitungan detik, perkembangan informasi dan teknologi lahir di sana-sini. Tentu, terlambat sekian detik saja, membuat Anda bisa tertinggal bermil-mil jauhnya. Sang pemimpin perusahaan Google ini berkata, “ Kami datang bukan untuk berharap dan bergantung pada sesuatu. Kami di sini untuk menang. “ Optimisme beda dengan keangkuhan. Optimisme adalah keyakinan yang terukur.

4. Bereaksi Cepat
John T. Chambers (CEO Cisco System)
Beliau bukanlah pemilik distro Chambers (salah satu nama toko pakaian). Beliau adalah pemimpin perusahaan Cisco System. Perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi informasi. Menurutnya, “ kecepatan adalah esensi untuk menanggapi situasi krisis. Selain itu, kita harus focus untuk memobilisasi secara tepat sumber daya yang ada untuk membantu pemulihan, baik untuk pelanggan juga untuk karyawan sendiri. “ Dengan berpikir secara cepat, kita akan bertindak secara cepat. Dan kita akan menyelesaikan tantangan secara cepat pula.

5. Visioner
Fujio Mitarai (CEO Canon)
“ Kita harus selalu menanam bibit untuk satu decade berikutnya dan untuk masa jauh ke depan, “ ujar Fujio Mitarai. Mulai dari printer, mesin foto copy sampai kamera hanya orang gaptek yang tidak mengenal produk canon. Visioner atau berpikir jauh ke depan adalah sebuah langkah pencegahan awal untuk tantangan-tantangan di masa depan, tanpa meninggalkan tantangan masa kini tentunya.
 
       Nah, sudahkah Anda terinspirasi oleh 5 pemimpin perusahaan besar di atas? Anda juga bisa mengambil contoh pada pemimpin perusahaan besar lainnya seperti Bill Gates, Steve Jobs, Mark Zuckenberg dan pendiri Twitter, Jack Dorsey. Dengan mengikuti cara atau jalan orang-orang yang telah sukses, semoga kita juga dapat sukses seperti mereka atau bahkan melebihi mereka. Semoga!


Sumber : 
http://cara.segiempat.com/umum/finansial/cara-sukses-5-pemimpin-perusahaan-terbaik-dunia/

0 komentar:

Posting Komentar