Selasa, 18 Juni 2013

7 CARA MENDAPATKAN KEPERCAYAAN KONSUMEN


http://www.volusion.com/demo/37408/upload/uploadedFiles/5.05.10%20trust.JPGPelanggan mana yang rela membelanjakan uangnya untuk produk yang belum pernah mereka coba. Hanya sedikit pelanggan yang rela coba-coba. Dibutuhkan cara-cara khusus untuk meraih kepercayaan pelanggan. Tidak hanya sampai disitu. Mereka akan berubah nama dari pelanggan biasa menjadi pelanggan setia. Siapa bilang harga secangkir kopi di Starbucks itu murah? Tapi mengapa masih banyak saja pelanggan setia yang rela membayar mahal hanya untuk secangkir kopi ala Starbucks. Berbicara soal rasa, kopi Starbucks relatif sama dengan kopi-kopi pada umumnya. Cara khusus atau kunci sukses Starbucks adalah karena mereka dapat meyakinkan dan meraih kepercayaan pelanggan bahwa kopi yang mereka jual sangat layak dihargai semahal itu. Berikut kami paparkan 3 cara untuk meraih kepercayaan pelanggan dan menjadikannya pelangan setia Anda.


1. Membangun Reputasi
Orang-orang memilih sesuatu berdasarkan perasaanya. Mereka kemudian mempertahankan pilihannya melalui logika atau pemikiran. Kalau begitu, produk yang Anda jual haruslah mempunyai keunggulan-keunggulan yang secara psikologis dapat menarik minat pelanggan. Lakukanlah promosi. Hal ini bertujuan untuk menjaring dan membuat pelanggan Anda yakin. Lakukan promosi baik di dunia nyata maupun di dunia maya, seperti media social twitter, facebook dan BBM. Tapi lakukanlah promosi sewajarnya saja, jangan berlebihan. Jika produk Anda memang berkualitas, maka bentuk promosi terbaik adalah promosi dari mulut ke mulut melalui pelanggan yang telah mencoba kualitas produk dan pelayanan Anda.

2. Meningkatkan Kualitas
Entah pelanggan Anda termasuk pelanggan biasa apalagi pelanggan cerdas tentu mereka tidak mau rugi. Rugi dalam artian mereka membelanjakan uangnya pada produk yang tidak berkualitas. Mereka tidak mendapatkan sesuatu yang sesuai dengan uang yang mereka berikan. Orang-orang rela membayar mahal demi mendapatkan kualitas produk dan pelayanan prima. Menonton film, contohnya. Beberapa pelanggan rela membayar lebih mahal untuk menonton film di studio 21. Padahal, dengan judul film yang sama mereka dapat membayar lebih murah dengan menyewa kaset DVD dan menontonnya di rumah. Inilah keunggulan kualitas produk dan pelayanan prima. Studio 21 menyediakan sofa yang empuk, kualitas suara dan video yang tinggi, pelayanan prima dan tentunya citra. Beberapa orang sebenarnya membeli citra, bukan produk. Untuk membangun citra dalam suatu produk, tingkatkan kualitas.

3. Mintalah Testimoni
Cara yang terakhir ini sering dilakukan oleh beberapa rumah makan. Mereka meminta testemoni pelanggan mereka dengan mengumpulkan foto, tanda tangan dan apresiasi kemudian mereka tempelkan di dinding-dinding rumah makan agar dapat dilihat oleh pelanggan lainnya. Mintalah testemoni tokoh-tokoh terkenal atau pelanggan setia Anda sebagai bahan pertimbangan bagi calon pelanggan Anda dan calon pelanggan setia Anda. Testemoni biasa juga dilakukan oleh para penulis untuk mendongrak penjualan buku-bukunya.
Selamat meraih kepercayaan pelanggan!

4. Biarkan Prospek Menguji Anda
Terkadang tentu anda menjumpai prospek yang banyak melontarkan pertanyaan kepada anda. Bersabarlah. Biarkan mereka menguji kemampuan anda. Ingat, semakin banyak ujian yang anda hadapi, tentu akan membuat anda menjadi semakin ahli. Dan yang terpenting ketika prospek anda selesai memberikan ujian kepada anda, biasanya mereka sungguh percaya kepada anda. Seiring berjalannya waktu, mungkin anda juga akan mendapatkan komplain dari pelanggan anda. Tunjukan sikap profesional dan segera selesaikan masalah tersebut.

5. Bangun Komunikasi Yang Baik
Lancarnya proses komunikasi anda dan calon konsumen berperan besar terhadap terbangunnya rasa percaya. Nah dalam bisnis online kita dapat mulai membangun komunikasi dengan menggunakan blog. Bagaimana caranya? Yaitu dengan menyapa para pengguna internet dengan memberikan artikel yang bermanfaat. Selain itu turut aktif berkomentar, blogwalking, dan trackback juga dapat dilakukan untuk memperlancar komunikasi bisnis anda dengan calon konsumen.

6. Berikan Bukti Nyata
Berikan bukti jika produk anda memang berhasil. Jika anda pelaku MLM, maka tentu anda memiliki 2 produk. Produk anda dan juga peluang bisnis yang anda tawarkan. Tunjukan bukti jika produk anda bermanfaat. Anda dapat memperlihatkan testimoni-testimoni mereka yang telah memakai produk anda. Begitu juga dengan tawaran bisnis anda. Anda dapat tunjukan ada berapa banyak orang yang telah berhasil menjalan tawaran bisnis anda, siapa saja mereka, berasal dari latar belakang apa saja. Anda juga perlu transparan dengan penghasilan yang telah anda dapat dari bisnis yang anda tawarkan tersebut.

7. Pengetahuan Tentang Produk
Menunjukkan kepada klien bahwa Anda tahu apa yang Anda bicarakan. Memberi mereka petunjuk membantu dan pedoman yang berhubungan dengan apa yang Anda jual. Bicara tentang bagaimana melakukan instalasi atap jika Anda menjadi produk-produk perangkat keras atau memberikan artikel tentang permukiman asuransi jika Anda seorang pengacara penyelesaian. Anda tidak perlu menjadi perusahaan besar untuk memanfaatkan daftar-memilih. Jika pelanggan Anda melihat Anda sebagai seseorang yang tahu apa yang dia lakukan dan mengatakan, mereka akan mempercayai Anda dengan cepat.

Sumber :
http://banjir-uang-otomatis.blogspot.com/2010/07/4-cara-mudah-mendapatkan-kepercayaan.html
http://cara.segiempat.com/umum/finansial/3-cara-meraih-kepercayaan-pelanggan/

0 komentar:

Posting Komentar