Pelanggan mana yang rela membelanjakan
uangnya untuk produk yang belum pernah mereka coba. Hanya sedikit
pelanggan yang rela coba-coba. Dibutuhkan cara-cara khusus untuk meraih
kepercayaan pelanggan. Tidak hanya sampai disitu. Mereka akan berubah
nama dari pelanggan biasa menjadi pelanggan setia. Siapa bilang harga
secangkir kopi di Starbucks itu murah? Tapi mengapa masih banyak saja
pelanggan setia yang rela membayar mahal hanya untuk secangkir kopi ala
Starbucks. Berbicara soal rasa, kopi Starbucks relatif sama dengan
kopi-kopi pada umumnya. Cara khusus atau kunci sukses Starbucks adalah
karena mereka dapat meyakinkan dan meraih kepercayaan pelanggan bahwa
kopi yang mereka jual sangat layak dihargai semahal itu. Berikut kami
paparkan 3 cara untuk meraih kepercayaan pelanggan dan menjadikannya
pelangan setia Anda.
1. Membangun Reputasi
Orang-orang memilih sesuatu berdasarkan
perasaanya. Mereka kemudian mempertahankan pilihannya melalui logika
atau pemikiran. Kalau begitu, produk yang Anda jual haruslah mempunyai
keunggulan-keunggulan yang secara psikologis dapat menarik minat
pelanggan. Lakukanlah promosi. Hal ini bertujuan untuk menjaring dan
membuat pelanggan Anda yakin. Lakukan promosi baik di dunia nyata maupun
di dunia maya, seperti media social twitter, facebook dan BBM. Tapi
lakukanlah promosi sewajarnya saja, jangan berlebihan. Jika produk Anda
memang berkualitas, maka bentuk promosi terbaik adalah promosi dari
mulut ke mulut melalui pelanggan yang telah mencoba kualitas produk dan
pelayanan Anda.
2. Meningkatkan Kualitas
Entah pelanggan Anda termasuk pelanggan
biasa apalagi pelanggan cerdas tentu mereka tidak mau rugi. Rugi dalam
artian mereka membelanjakan uangnya pada produk yang tidak berkualitas.
Mereka tidak mendapatkan sesuatu yang sesuai dengan uang yang mereka
berikan. Orang-orang rela membayar mahal demi mendapatkan kualitas
produk dan pelayanan prima. Menonton film, contohnya. Beberapa pelanggan
rela membayar lebih mahal untuk menonton film di studio 21. Padahal,
dengan judul film yang sama mereka dapat membayar lebih murah dengan
menyewa kaset DVD dan menontonnya di rumah. Inilah keunggulan kualitas
produk dan pelayanan prima. Studio 21 menyediakan sofa yang empuk,
kualitas suara dan video yang tinggi, pelayanan prima dan tentunya
citra. Beberapa orang sebenarnya membeli citra, bukan produk. Untuk
membangun citra dalam suatu produk, tingkatkan kualitas.
3. Mintalah Testimoni
Cara yang terakhir ini sering dilakukan
oleh beberapa rumah makan. Mereka meminta testemoni pelanggan mereka
dengan mengumpulkan foto, tanda tangan dan apresiasi kemudian mereka
tempelkan di dinding-dinding rumah makan agar dapat dilihat oleh
pelanggan lainnya. Mintalah testemoni tokoh-tokoh terkenal atau
pelanggan setia Anda sebagai bahan pertimbangan bagi calon pelanggan
Anda dan calon pelanggan setia Anda. Testemoni biasa juga dilakukan oleh
para penulis untuk mendongrak penjualan buku-bukunya.
Selamat meraih kepercayaan pelanggan!
4. Biarkan Prospek Menguji Anda
Terkadang tentu anda menjumpai
prospek yang banyak melontarkan pertanyaan kepada anda. Bersabarlah.
Biarkan mereka menguji kemampuan anda. Ingat, semakin banyak ujian yang
anda hadapi, tentu akan membuat anda menjadi semakin ahli. Dan yang
terpenting ketika prospek anda selesai memberikan ujian kepada anda,
biasanya mereka sungguh percaya kepada anda. Seiring berjalannya waktu,
mungkin anda juga akan mendapatkan komplain dari pelanggan anda.
Tunjukan sikap profesional dan segera selesaikan masalah tersebut.
5. Bangun Komunikasi Yang Baik
5. Bangun Komunikasi Yang Baik
Lancarnya proses komunikasi anda dan
calon konsumen berperan besar terhadap terbangunnya rasa percaya. Nah
dalam bisnis online kita dapat mulai membangun komunikasi dengan
menggunakan blog. Bagaimana caranya? Yaitu dengan menyapa para pengguna
internet dengan memberikan artikel yang bermanfaat. Selain itu turut
aktif berkomentar, blogwalking, dan trackback juga dapat dilakukan untuk
memperlancar komunikasi bisnis anda dengan calon konsumen.
6. Berikan Bukti Nyata
Berikan bukti jika produk anda memang
berhasil. Jika anda pelaku MLM, maka tentu anda memiliki 2 produk.
Produk anda dan juga peluang bisnis yang anda tawarkan. Tunjukan bukti
jika produk anda bermanfaat. Anda dapat memperlihatkan
testimoni-testimoni mereka yang telah memakai produk anda. Begitu juga
dengan tawaran bisnis anda.
Anda dapat tunjukan ada berapa banyak orang yang telah berhasil
menjalan tawaran bisnis anda, siapa saja mereka, berasal dari latar
belakang apa saja. Anda juga perlu transparan dengan penghasilan yang
telah anda dapat dari bisnis yang anda tawarkan tersebut.
7. Pengetahuan Tentang Produk
Menunjukkan kepada klien bahwa Anda tahu apa yang Anda bicarakan.
Memberi mereka petunjuk membantu dan pedoman yang berhubungan dengan apa
yang Anda jual. Bicara tentang bagaimana melakukan instalasi atap jika
Anda menjadi produk-produk perangkat keras atau memberikan artikel
tentang permukiman asuransi jika Anda seorang pengacara penyelesaian.
Anda tidak perlu menjadi perusahaan besar untuk memanfaatkan
daftar-memilih. Jika pelanggan Anda melihat Anda sebagai seseorang yang
tahu apa yang dia lakukan dan mengatakan, mereka akan mempercayai Anda
dengan cepat.
Sumber :
http://banjir-uang-otomatis.blogspot.com/2010/07/4-cara-mudah-mendapatkan-kepercayaan.html
http://cara.segiempat.com/umum/finansial/3-cara-meraih-kepercayaan-pelanggan/
0 komentar:
Posting Komentar